Kamis, 05 April 2018

Koneksi ke Database Access dengan Visual Basic 2008


Ada  hal yang saya perhatikan saat menghubungkan program Visual Basic dengan database lokal semacam Microsoft Access. Saya selalu meng-asumsikan database tersebut satu folder dengan file executable program. Saya tidak pernah memakai database secara kaku, seperti: D:\Dataku. Ini akan membuat pusing user yang memakai program kita.

Untuk mendapatkan current directory ini, saya memakai fungsi seperti ini:

Dim strPath As String = FileSystem.CurDir

sehingga, jika saya mempunyai database bernama Pus.mdb, maka kode program berikut ini akan mendeteksi path program saat itu dan menambahkannya dengan nama database-nya.

'--- Definisi letak database
Dim strPath As String = FileSystem.CurDir
Dim strNamaDatabase As String = "Pus.mdb"
Dim strPathDatabase As String = strPath + "\" + strNamaDatabase

Karena lokasi database sudah diketahui, maka sekarang tinggal menghubungkan database tersebut ke program kita. Tapi pertama-tama, saya harus mendefinisikan hubungannya dahulu sebelum dihubungkan. Saya menggunakan Oledb yang selalu ready di Windows dengan perintah seperti dibawah ini:

'--- Definisi koneksi database
Dim con As New OleDbConnection(  _ 
      "Provider=Microsoft.Jet.OLEDB.4.0;Data Source="  +  _ 
      strPathDatabase)

Penggunaan Oledb mengharuskan kita meng-importnya dahulu dengan perintah:

Imports System.Data.OleDb

Saya mempunyai kebiasaan meng-hubungkan database pada saat form di-load. Jika Anda tidak setuju, Anda dapat meletakkannya dimana saja yang Anda suka:

Private Sub Form1_Load( _ 
ByVal sender As System.Object, _ 
ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load
        con.Open()
End Sub

Sekarang database Anda siap dipakai.

Program selengkapnya:

sumber gambar: endo.re-enhance-dental.co

Koneksi ke Database Access dengan Visual Basic 2008 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Good Dreamer

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.